00%

No rows to show

Listia - September 18, 2023

Siap-siap Ngiler! Resep Rahasia Beef Teriyaki

Beef Teriyaki dengan paprika hijau dan bawang bombay
Sumber: Piknikdong

Hai Oishipedians, kalian pasti udah gak sabar pengen tahu resep makanan yang akan kita bahas kali ini, yaitu Beef Teriyaki!

Kalau denger namanya aja udah bikin ngiler, gimana nih kalau kita bikin sendiri di rumah? Gak perlu khawatir, karena kita akan berbagi resep yang super simpel dan pastinya enak banget!

Sejarah Singkat

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita berkenalan dengan sejarah singkat Beef Teriyaki.

Hidangan ini berasal dari Jepang, dan istilah teriyaki” sebenarnya mengacu pada metode memasak yang melibatkan pemanggangan dengan saus manis dan gurih.

Teri berarti “berkilau” dan yaki berarti “memanggang” dalam bahasa Jepang.

Awalnya, teriyaki digunakan untuk memaniskan ikan panggang, tapi sekarang, kita bisa menikmatinya dengan berbagai macam bahan, termasuk daging sapi.

Baca juga: Resep Chicken Yakiniku Hokben, Ssstt Ga Perlu Beli Lagi!

Beef Teriyaki dengan paprika hijau dan bawang bombay
Resep Beef Teriyaki

Listia

Potongan daging sapi yang lembut dan juicy, dilapisi dengan saus teriyaki yang begitu harum dan manis.

Prep Time 5 minutes
Cook Time 15 minutes
Total Time 15 minutes

Course Main Course
Cuisine Japanese

Servings 2
Calories 763 kcal

Bahan

  

  • 300 gr daging sapi tipis beef slice
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • ½ buah bawang bombay
  • 1 buah paprika hijau
  • Minyak untuk menumis
Saus
  • 50 ml air putih
  • 3 sdm shoyu
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm minyak wijen
  • 4 sdm kecap manis
  • ½ sdt lada putih
  • ½ sdt kaldu sapi

Langkah

 

  • Pertama, potong bawang bombay dan paprika menjadi potongan-potongan kecil, dan sisihkan.
  • Haluskan bawang putih dan iris jahe, lalu sisihkan.
  • Siapkan sebuah mangkuk kecil, dan campurkan air, shoyu, madu, minyak wijen, dan kecap manis. Aduk hingga merata.
  • Panaskan sedikit minyak di dalam wajan, kemudian tumis bawang bombay dan jahe hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah itu, masukkan potongan paprika dan tumis hingga setengah matang. Tambahkan bawang putih halus, dan aduk rata.
  • Terakhir, tambahkan daging sapi dan masak hingga setengah matang. Kemudian, tuangkan saus yang telah dibuat sebelumnya ke dalam wajan, dan tambahkan lada serta kaldu sapi sesuai selera. Aduk hingga daging matang dan saus meresap sempurna.
Tips

  1. Jangan Terlalu Lama Memasak: Saat menggoreng daging, jangan biarkan terlalu lama. Daging sapi cepat matang, jadi hanya butuh beberapa menit di wajan panas untuk mencapai hasil yang sempurna. Overcook bisa membuatnya kering dan keras.
  2. Selalu Awasi Sausnya: Ketika memasak saus teriyaki bersama daging, pastikan untuk terus mengawasi panasnya. Saus teriyaki bisa cepat mengental dan mengkaramel, jadi jangan biarkan terlalu lama di wajan agar tidak gosong.

Cara Penyajian: 

mangkuk berisi nasi dengan daging teriyaki dan taburan biji wijen serta bawang hijau, disajikan dengan sumpit.
Sumber: The seasoned mom

Beef Teriyaki yang lezat ini bisa disajikan dengan nasi putih hangat dan taburan biji wijen sebagai pelengkap. 

Cara Penyimpanan:

  1. Tandai Tanggal: Jika mungkin, tandai tanggal penyimpanan pada wadah agar kamu dapat mengingat kapan sebaiknya mengonsumsi Beef Teriyaki tersebut. Biasanya, Beef Teriyaki dapat disimpan dalam lemari es selama 3-4 hari dan dalam freezer hingga 2-3 bulan.
  2. Pemanasan Ulang: Saat ingin menghangatkan Beef Teriyaki yang sudah disimpan, panaskan dengan perlahan di atas kompor dengan api kecil atau dalam microwave dengan pengaturan rendah.

Baca juga: Resep Chicken Katsu Anti Gagal – Oishipedia

Nah, Oishipedians, itulah resep Beef Teriyaki yang siap memanjakan lidahmu. Ayo coba sendiri di rumah dan rasakan sensasi Jepang yang autentik tanpa harus pergi ke restoran mahal.

Jika kamu ingin membagikan kelezatanmu dengan dunia, jangan ragu untuk mengambil foto hidanganmu dan berbagi di sosial media favoritmu.

Pakai hastag #Oishipedia ya agar kita bisa melihat hasil karyamu dan merasakan kelezatannya bersama-sama.

Selamat mencoba, dan jangan lupa berbagi pengalaman kulinermu dengan teman-teman Oishipedians lainnya!

Selalu ingat, dunia kuliner selalu penuh dengan petualangan baru, dan kita selalu siap menjelajah bersama-sama. Terima kasih telah menjadi bagian dari komunitas kami yang penuh gizi ini!

Sumber resep: Willgoz Kitchen

September 20, 2023

Nyobain di rumah, ternyata berhasil 👍🏼

Maul
Posted in ResepTags:
Previous
All posts
Next