00%

No rows to show

Diaz Ramadhansyah - August 28, 2023

Cara Membuat Matcha Latte Menggunakan Susu Almond

Segelas matcha latte dengan topping ice cream
Sumber: soranews24.com

Matcha: Teh Hijau Ikonik dari Jepang

Matcha adalah jenis teh hijau yang berasal dari Jepang dan telah menjadi populer di seluruh dunia. Matcha dihasilkan dari daun teh yang dihaluskan menjadi bubuk halus. Proses produksinya melibatkan penutupan tanaman teh sebelum panen untuk meningkatkan kandungan nutrisi dalam daun. Ini memberikan matcha warna hijau cerah dan rasa yang khas

Latte, Si Putih yang Lembut

Arti latte adalah susu, berasal dari bahasa Italia, menggambarkan pentingnya susu dalam komposisi minuman ini. Secara umum, latte sering disajikan dengan lapisan tipis busa susu di permukaannya, menciptakan penampilan yang mengundang dan sensasi kelembutan saat diminum.

Minuman Hangat yang Menggugah

Ketika suhu mulai merayap turun dan suasana hati membutuhkan kenyamanan, tidak ada yang lebih baik daripada menikmati segelas matcha latte hangat. 

Kombinasi antara rasa unik matcha dan kelezatan susu almond menciptakan harmoni cita rasa yang sulit ditolak. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-demi-langkah tentang cara membuat matcha latte lezat dengan susu almond yang akan memanjakan lidah Anda.

Konsumsi Matcha Rutin Untuk Tubuh Sehat

Melangkah menuju kesehatan optimal dapat dimulai dengan kebiasaan sederhana: konsumsi matcha secara rutin. Ini adalah beberapa manfaat yang didapat:

  • Sumber Antioksidan Tinggi: Matcha kaya akan antioksidan, membantu melawan kerusakan sel dan radikal bebas dalam tubuh.
  • Energi yang Lebih Stabil: Kandungan kafein dalam matcha memberikan dorongan energi yang lebih lembut dan stabil daripada kopi.
  • Meningkatkan Konsentrasi: Kombinasi kafein dan L-theanine dalam matcha dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.
  • Pengatur Metabolisme: Kandungan katekin dalam matcha dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, mendukung program penurunan berat badan.
  • Mendukung Kesehatan Jantung: Matcha dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung.
  • Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh: Antioksidan dalam matcha memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit.
  • Pelepasan Stres dan Ketenangan: L-theanine dalam matcha memiliki efek menenangkan, membantu meredakan stres dan kegelisahan.
  • Pilihan Rendah Kalori: Matcha latte sering kali memiliki lebih sedikit kalori daripada minuman kopi atau minuman manis lainnya.
  • Menyegarkan Pencernaan: Kandungan serat dalam matcha dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Susu Almond Penting Untuk Kesehatan

Di tengah kesibukan hidup modern, perhatian terhadap kesehatan semakin penting. Salah satu langkah kecil namun berdampak besar adalah memperkenalkan susu almond ke dalam pola makan harian. Simaklah mengapa susu almond memiliki peran yang signifikan dalam mendukung kesehatan Anda:

  • Sumber Nutrisi: Susu almond mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, kalsium, dan riboflavin yang dapat mendukung kesehatan tulang, sistem saraf, dan kulit.
  • Bebas Laktosa: Susu almond cocok untuk mereka yang intoleran terhadap laktosa atau memiliki alergi susu sapi, karena susu almond alami tidak mengandung laktosa.
  • Rendah Kalori: Susu almond yang tanpa tambahan gula rendah kalori, sehingga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori.
  • Kaya Antioksidan: Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam susu almond dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mendukung Jantung Sehat: Susu almond yang rendah lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Dapat Menurunkan Kolesterol: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Dukungan Pencernaan: Susu almond mengandung serat yang dapat mendukung pencernaan yang sehat.
  • Pilihan bagi Vegetarian dan Vegan: Susu almond merupakan alternatif yang populer untuk mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan.
  • Menjaga Kadar Gula Darah: Kandungan karbohidrat yang lebih rendah dalam susu almond dibandingkan susu sapi bisa membantu menjaga kadar gula darah yang lebih stabil.
  • Mengandung Asam Lemak Sehat: Susu almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.
  • Mendukung Pertumbuhan Sel dan Jaringan: Kandungan protein dalam susu almond membantu mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.
  • Pilihan Alergi Susu: Bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi, susu almond bisa menjadi alternatif yang aman dan bergizi.

Perkiraan Kandungan Nutrisi Dalam 1 Porsi

Komponen NutrisiJumlah per Porsi
Kalori120-150 kalori
Lemak Total6-8 gram
Lemak Jenuh1 gram
Lemak Tak Jenuh5-7 gram
Karbohidrat12-15 gram
Serat1-2 gram
Protein2-3 gram
Kalsium100-150 mg
Zat Besi1-2 mg
Vitamin A100-150 IU
Vitamin C0-1 mg
Vitamin D0-1 IU
Vitamin1-2 mg
Kafein20-30 mg

Ciptakan Kenikmatan Matcha Latte dengan Bahan-Bahan Berkualitas Tinggi

Sebuah matcha latte yang lezat dimulai dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Pastikan Anda memilih bubuk matcha yang berkualitas baik, biasanya yang berwarna cerah dan lembut. Susu almond segar dan tanpa pemanis tambahan juga dianjurkan untuk menciptakan cita rasa yang otentik dan sehat.

Selain bahan-bahan, Anda juga akan membutuhkan beberapa peralatan untuk membuat matcha latte yang sempurna:

  • Pemutar bubuk matcha
  • Mangkuk dengan dasar datar
  • Alat pengukur sendok teh
  • Pembuat busa susu (opsional)
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat matcha latte.
Sumber: www.twospoons.ca

Langkah 1: Menyiapkan Bubuk Matcha

  • Ambil satu sendok teh bubuk matcha dan saring menggunakan saringan halus.
  • Letakkan bubuk matcha yang disaring ke dalam mangkuk kecil.
Bubuk matcha yang akan dimasukkan kedalam mangkuk.
Sumber: www.twospoons.ca

Tentukan merek bubuk matcha yang berkualitas dan sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa merek terkenal yang dapat Anda coba termasuk “Uji Matcha” atau “Kenko Matcha.” 

Pastikan Anda mengikuti petunjuk penyimpanan yang benar untuk menjaga kualitas bubuk matcha Anda.

Langkah 2: Mencampur Bubuk Matcha dengan Sedikit Air

  • Panaskan sedikit air, jangan sampai mendidih.
  • Tuang sedikit air panas ke dalam mangkuk dengan bubuk matcha.
  • Gunakan chasen (sikat bambu khusus matcha) untuk mengaduk secara perlahan hingga bubuk tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
Seduh bubuk matcha dengan air panas.
Aduk perlahan dan merata bubuk matcha yang sudah diseduh dengan air panas
Sumber: www.twospoons.ca

Jika Anda ingin menciptakan tekstur yang lebih lembut dan kental pada matcha latte Anda, Anda dapat menambahkan lebih sedikit air pada tahap ini. Eksperimen dengan jumlah air untuk mencapai kekentalan yang paling disukai.

Langkah 3: Menambahkan Susu Almond

  • Panaskan susu almond di atas kompor dengan api kecil. Jangan sampai mendidih.
  • Setelah susu almond hangat, tuang perlahan ke dalam mangkuk dengan bubuk matcha yang sudah diaduk.
  • Aduk rata hingga tercampur sempurna, membentuk warna hijau lembut yang khas dari matcha latte.
Tuang bubuk matcha yang sudah larut dan teraduk merata kedalam gelas
Tuang dan campur susu almond ke dalam gelas yang berisi matcha
Sumber: www.twospoons.ca

Coba variasi dengan menggunakan susu almond yang sudah diberi rasa seperti vanilla atau cokelat. Ini bisa memberikan dimensi rasa yang menarik pada matcha latte Anda.

Langkah 4: Menambahkan Pemanis (Opsional)

Jika Anda menginginkan matcha latte yang sedikit lebih manis, Anda dapat menambahkan madu atau gula kelapa secukupnya. Aduk hingga pemanis terlarut sempurna.

Jika Anda mencari alternatif pemanis alami, Anda bisa mencoba sirup maple atau agave. Ingatlah bahwa pemanis buatan mungkin memberikan rasa yang berbeda.

Langkah 5: Menikmati Matcha Latte Anda!

Tuang matcha latte yang sudah jadi ke dalam cangkir saji. Anda dapat menambahkan sedikit bubuk matcha di atasnya untuk hiasan. Selamat menikmati!

Matcha latte lezat dan sehat siap dinikmati
Sumber: www.twospoons.ca

Untuk tampilan yang lebih menarik, taburi sedikit bubuk matcha di atas busa matcha latte Anda dan tambahkan irisan almond panggang sebagai hiasan

Tips Tambahan untuk Pengalaman yang Lebih Memuaskan

  • Percobaan dengan perbandingan bubuk matcha dan susu almond hingga Anda menemukan rasio yang paling sesuai dengan selera Anda.
  • Jika Anda menyukai sensasi dingin, Anda juga bisa membuat matcha latte dingin dengan menambahkan es batu.
  • Gunakan chasen atau saringan halus untuk menghindari gumpalan pada matcha latte Anda.

Tambahkan sedikit ekstrak vanila ke dalam campuran untuk memberikan aroma ekstra pada matcha latte Anda. Jangan ragu untuk berkreasi dengan variasi ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dan mengetahui beberapa manfaat, Anda dapat menciptakan matcha latte lezat dan sehat menggunakan susu almond dengan cita rasa personal. Selain itu menikmati minuman hangat tidak lengkap tanpa ditemani makanan yang menggugah selera, dapatkan resepnya disini.

Selamat menikmati secangkir matcha latte yang lezat dan sehat!

Posted in ResepTags:
Previous
All posts
Next