00%

No rows to show

Wildan Faathira - October 30, 2023

5 Tips Memilih Ikan Mentah yang Dijadikan Materi Masakan Sushi

ikan mentah yang dijadikan materi masakan sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang semakin populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu hal yang membuat sushi begitu istimewa adalah ikan mentah yang digunakan sebagai bahan utamanya. Memilih ikan mentah yang tepat untuk sushi adalah langkah penting dalam menciptakan hidangan yang lezat dan aman.

Baca Juga: 6 Mie Khas Jepang Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Kulineran

Berikut ini adalah 5 tips memilih ikan mentah yang dijadikan materi masakan sushi.

1. Kualitas Ikan Mentah

Kualitas ikan mentah sangat penting dalam pembuatan sushi. Pastikan untuk memilih ikan yang segar dan berkualitas tinggi. Ciri-ciri ikan yang segar antara cerah, kulit kenyal, atau daging yang kaku ketika disentuh. Hindari ikan yang berbau menyengat, berwarna pudar, atau memiliki bintik-bintik coklat.

2. Kebersihan dan Sterilisasi

Ketika memilih ikan mentah, perhatikan juga kebersihan dan sterilisasi dari tempat penjual ikan. Pastikan ikan disimpan pada suhu dingin yang tepat, di tempat yang bersih, dan terhindar dari bakteri. Selain itu, pastikan ikan dipotong dan disiapkan dengan alat-alat yang bersih dan steril.

3. Sumber Ikan

Mengetahui asal-usul ikan yang kamu gunakan sangat penting untuk melindungi kesehatan kamu dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Pastikan ikan yang kamu pilih berasal dari sumber yang terpercaya. Pilih ikan yang telah dilabeli dengan sertifikat kelautan yang menunjukkan tangkapan ikan yang bertanggung jawab.

4. Jenis Ikan yang Aman untuk Dimakan Mentah

Tidak semua jenis ikan aman untuk dimakan mentah. Beberapa ikan memiliki risiko mengandung parasit atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit jika dimakan mentah. Beberapa jenis ikan yang aman untuk dimakan mentah adalah tuna, ikan salmon segar, ikan halibut, ikan trout, dan ikan hiram. Pastikan untuk menghindari ikan yang memiliki kadar merkuri yang tinggi.

5. Pemrosesan Ikan Mentah

Setelah memilih ikan yang tepat, penting untuk memproses dan menyimpannya dengan benar sebelum digunakan dalam sushi. Pertama, pastikan ikan dibersihkan dengan hati-hati dan dihapus semua tulang dan kulit yang tidak diinginkan.

Kemudian, simpan ikan di dalam lemari es dengan suhu yang tepat, biasanya di antara 0-5 derajat Celcius. Tidak disarankan menyimpan ikan terlalu lama, sebaiknya digunakan segera setelah dibeli.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Japanese Street Food Di Jakarta Yang Wajib Kamu Cobain

Dalam memilih ikan mentah untuk sushi, sikap kritis dan perhatian terhadap kualitas dan kebersihan sangat penting. Dengan mengikuti tips di atas, Oishipedians dapat memastikan bahwa ikan mentah yang kamu beli aman dan berkualitas tinggi. 

Selamat mencoba membuat sushi yang lezat dan bermutu tinggi di rumah!

Posted in EdukasiTags:
Previous
All posts
Next